Breaking News

MATERI HOME LEARNING KELAS 5, 31 MARET 2020

TEMA 8
Lingkungan Sahabat Kita

SUB TEMA 2
Perubahan Lingkungan

PEMBELAJARAN 5

Ayo membaca!
Bacaan I
Tari Suling Dewa
Air merupakan sumber kehidupan. Ketika hujan tidak turun dalam waktu lama, bencana kekeringan dapat melanda suatu daerah. Saat itu banyak kegiatan manusia terganggu karena berkurangnya air bersih akibat kekeringan.
Banyak cara dilakukan masyarakat untuk menghadapi bencana kekeringan, misalnya di Desa Bayan, Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Ketika musim kemarau tiba, para tokoh adat atau sesepuh adat Desa Bayan melakukan ritual lewat tarian yaitu Tari Suling Dewa. Tarian tersebut merupakan sarana permohonan doa kepada Tuhan Yang Mahakuasa agar hujan segera turun.

Bacaan 2
Seni Tari di Indonesia
Seni tari yang berkembang di Indonesia begitu banyak dan beragam. Tarian daerah menggambarkan tradisi dan tata cara kehidupan penduduk di suatu daerah. Tarian biasanya menjadi ciri khas pertunjukan pada upacara adat atau peristiwa penting. 
Setiap tari daerah tersebut mempunyai pola lantai yang menjadi ciri khusus. Berikut pola lantai Tari Seudati dari Aceh.
Penyajian tari lebih lengkap dengan iringan. Iringan tari merupakan salah satu unsur pertunjukan tari. Ada iringan tari yang berasal dari tubuh manusia. Ada juga iringan tari yang berasal dari berbagai alat musik benda yang dimainkan.
Iringan tari yang berasal dari tubuh manusia misalnya tepukan tangan, hentakan kaki, dan suara-suara dari mulut (siulan atau nyanyian). Iringan tari yang menggunakan alat musik ada yang berupa alat musik tradisional dan ada juga yang berupa alat musik modern.
 
Ayo berlatih!
Kerjakanlah uraian berikut ini pada Buku Latihanmu!
1. Darimana asal Tari Suling Dewa?
…………………………………..
2. Kapan dilaksanakannya Tari Suling Dewa?
…………………………………..
3. Siapa yang melakukan Tari Suling Dewa?
…………………………………..
4. Apa tujuan dilakukan Tari Suling Dewa?
…………………………………..
5. Mengapa air penting bagi manusia?
…………………………………..

Selamat Mengerjakan

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates