Breaking News

Kompetensi Dasar Kelas 1

KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN KELAS 1 (SATU)

PPKn

  1. Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
  2. Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
  3. Mengidentikasi keberagaman keraktreistik individu di rumah
  4. Mengidentikasikan bentuk kerjasama dalam keberagaman di rumah 

Bahasa Indonesia

  1. Menjelaskan  kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan cara yang benar
  2. Mengemukakan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil,  cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar.
  3. Menguraikan lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
  4. Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan
  5. Mengenal kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar,  tulisan, dan slogan sederhana) dan eksplorasi lingkungan
  6. Menguraikan kosakata bahasa Indonesia tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu)
  7. Menentukan kosakata bahasa indonesia yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu)
  8. Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian  pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah
  9. Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah.
  10. Menguraikan kosakata hubungan kekeluargaan melalui gambar/bagan silsilah keluarga dalam  bahasa Indonesia atau bahasa daerah
  11. Mencermati puisi anak/syair lagu(berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan

Matematika

  1. Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek
  2. Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
  3. Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan bendabenda konkret
  4. Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
  5. Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya
  6. Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret
  7. Mengidentifikasi bangun datar yang dapat disusun membentuk pola pengubinan
  8. Mengenal dan menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret
  9. Membandingkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu menggunakan benda/situasi konkret

SBdP

  1. Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi
  2. Mengenal elemen musik melalui lagu
  3. Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari
  4. Mengenal bahan alam dalam berkarya

PJOK

  1. Memahami prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan/ atau tradisional
  2. Memahami prosedur gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan/ atau tradisional
  3. Memahami prosedur pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan/ atau tradisional
  4. Memahami prosedur menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan/atau tradisional
  5. Memahami prosedur berbagai gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai
  6. Memahami prosedur gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
  7. Memahami prosedur berbagai pengenalan aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air
  8. Memahami bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates