Breaking News

Kompetensi Dasar Kelas 4

KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN KELAS 4 (EMPAT)

PPKn

  1. Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila
  2. Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
  3. Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari hari
  4. Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan

Bahasa Indonesia

  1. Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual
  2. Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual
  3. Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan
  4. Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda
  5. Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya)
  6. Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
  7. Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi
  8. Membandingkan hal yang sudah diketahui dengan yang baru diketahui dari teks nonfiksi
  9. Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi
  10. Membandingkan watak masing masing tokoh pada teks fiksi

Matematika

  1. Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret
  2. Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya
  3. Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan
  4. Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan
  5. Menjelaskan bilangan prima
  6. Menjelaskan dan menentukan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (kpk) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
  7. Menjelaskan dan melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat
  8. Menganalisis sifat-sifat segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan
  9. Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas daerah persegi, persegipanjang, dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua
  10. Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret
  11. Menjelaskan data diri siswa dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang
  12. Menjelaskan dan menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat

IPA

  1. Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan
  2. Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengkaitkan dengan upaya pelestariannya
  3. Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan
  4. Menghubungan antara gaya dan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
  5. Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari
  6. Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indra pendengaran
  7. Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan
  8. Menjelaskan  pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya

IPS

  1. Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai dengan tingkat provinsi
  2. Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia serta hubungannya dengan karakteristik ruang
  3. Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai  bidang pekerjaan serta kehidupan  sosial, dan budaya di lingkungan sekitar sampai dengan provinsi
  4. Mengidentifikasi kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini

SBdP

  1. Mengetahui gambar dan bentuk tiga dimensi
  2. Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada
  3. Mengetahui gerak tari kreasi daerah
  4. Mengetahui karya seni rupa teknik tempel

PJOK

  1. Memahami variasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan/atau tradisional
  2. Memahami variasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola kecil sederhana dan/atau tradisional
  3. Memahami prosedur variasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan/atau olahraga tradisional
  4. Menerapkan prosedur gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor untuk membentuk gerak dasar seni beladiri
  5. Memahami berbagai aktivitas kebugaran jasmani melalui berbagai bentuk latihan; daya tahan, kekuatan, kecepatan, dan kelincahan untuk mencapai berat badan ideal
  6. Menerapkan  variasi dan kombinasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai
  7. Menerapkan variasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
  8. Memahami prosedur gerak dasar satu gaya renang
  9. Memahami jenis cidera dan cara penanggulangannya secara sederhana saat melakukan aktivitas fisik dan dalam kehidupan sehari-hari
  10. Menganalisis perilaku terpuji dalam pergaulan sehari-hari (antarteman sebaya, orang yang lebih tua, dan orang yang lebih muda)

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates