Jalan Gunung Sahari IV Nomor 14 Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat
Breaking News
Kompetensi Dasar Kelas 4
KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN KELAS 4 (EMPAT)
PPKn
Memahami makna hubungan simbol dengan
sila-sila Pancasila
Mengidentifikasi pelaksanaan
kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
Menjelaskan manfaat keberagaman
karakteristik individu dalam kehidupan sehari hari
Mengidentifikasi berbagai bentuk
keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan
dan kesatuan
Bahasa Indonesia
Mencermati gagasan pokok dan gagasan
pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual
Mencermati keterhubungan antargagasan
yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual
Menggali informasi dari seorang tokoh
melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan
Membandingkan teks petunjuk
penggunaan dua alat yang sama dan berbeda
Menguraikan pendapat pribadi tentang
isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya)
Menggali isi dan amanat puisi yang
disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
Menggali pengetahuan baru yang
terdapat pada teks nonfiksi
Membandingkan hal yang sudah
diketahui dengan yang baru diketahui dari teks nonfiksi
Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat
pada teks fiksi
Membandingkan watak masing masing
tokoh pada teks fiksi
Matematika
Menjelaskan pecahan-pecahan senilai
dengan gambar dan model konkret
Menjelaskan berbagai bentuk pecahan
(biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya
Menjelaskan dan melakukan penaksiran
dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun
pecahan
Menjelaskan faktor dan kelipatan
suatu bilangan
Menjelaskan bilangan prima
Menjelaskan dan menentukan faktor
persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan
kelipatan persekutuan terkecil (kpk) dari dua bilangan berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari
Menjelaskan dan melakukan pembulatan
hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat
Menganalisis sifat-sifat segibanyak
beraturan dan segibanyak tidak beraturan
Menjelaskan dan menentukan keliling
dan luas daerah persegi, persegipanjang, dan segitiga serta hubungan pangkat
dua dengan akar pangkat dua
Menjelaskan hubungan antar garis
(sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret
Menjelaskan data diri siswa dan
lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang
Menjelaskan dan menentukan ukuran
sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat
IPA
Menganalisis hubungan antara bentuk
dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan
Membandingkan siklus hidup beberapa
jenis makhluk hidup serta mengkaitkan dengan upaya pelestariannya
Mengidentifikasi macam-macam gaya,
antara lain gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya
gesekan
Menghubungan antara gaya dan gerak
pada peristiwa di lingkungan sekitar
Mengidentifikasi berbagai sumber
energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air,
matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan
sehari-hari
Menerapkan sifat-sifat bunyi dan
keterkaitannya dengan indra pendengaran
Menerapkan sifat-sifat cahaya dan
keterkaitannya dengan indera penglihatan
Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian
sumber daya alam di lingkungannya
IPS
Mengidentifikasi karakteristik ruang
dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat
kota/kabupaten sampai dengan tingkat provinsi
Mengidentifikasi keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa
Indonesia serta hubungannya dengan karakteristik ruang
Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan
hubungannya dengan berbagai bidang
pekerjaan serta kehidupan sosial, dan
budaya di lingkungan sekitar sampai dengan provinsi
Mengidentifikasi kerajaan Hindu
dan/atau Buddha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat serta pengaruhnya
pada kehidupan masyarakat masa kini
SBdP
Mengetahui gambar dan bentuk tiga
dimensi
Mengetahui tanda tempo dan tinggi
rendah nada
Mengetahui gerak tari kreasi daerah
Mengetahui karya seni rupa teknik
tempel
PJOK
Memahami variasi gerak dasar
lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang,
usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan/atau
tradisional
Memahami variasi gerak dasar
lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang,
usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola kecil sederhana dan/atau
tradisional
Memahami prosedur variasi gerak dasar
jalan, lari, lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi
dan/atau olahraga tradisional
Menerapkan prosedur gerak dasar
lokomotor dan nonlokomotor untuk membentuk gerak dasar seni beladiri
Memahami berbagai aktivitas kebugaran
jasmani melalui berbagai bentuk latihan; daya tahan, kekuatan, kecepatan, dan
kelincahan untuk mencapai berat badan ideal
Menerapkan variasi dan kombinasi berbagai pola gerak
dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan,
putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai
Menerapkan variasi gerak dasar
langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam
aktivitas gerak berirama
Memahami prosedur gerak dasar satu
gaya renang
Memahami jenis cidera dan cara
penanggulangannya secara sederhana saat melakukan aktivitas fisik dan dalam
kehidupan sehari-hari
Menganalisis perilaku terpuji dalam pergaulan
sehari-hari (antarteman sebaya, orang yang lebih tua, dan orang yang lebih
muda)
No comments:
Post a Comment