Jalan Gunung Sahari IV Nomor 14 Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat
Breaking News
Kompetensi Dasar Kelas 5
KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN KELAS 5 (LIMA)
PPKn
Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari.
Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga
dalam kehidupan sehari-hari
Menelaah keberagaman sosial budaya masyarakat
Memahami manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun
kerukunan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Bahasa Indonesia
Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
Mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku ke dalam
aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
Meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau
elektronik.
Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari
media cetak atau elektronik
Menggali informasi penting dari teks narasi sejarah yang
disajikan secara lisan dan tulis menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa,
mengapa, dan bagaimana
Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan
dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
Menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks
nonfiksi.
Menguraikan urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat
pada teks nonfiksi
Mencermati penggunaan
kalimat efektif dan ejaan dalam surat undangan (ulang tahun, kegiatan sekolah,
kenaikan kelas, dll.)
Matematika
Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua
pecahan dengan penyebut berbeda
Menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan
dan desimal
Menjelaskan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan
sebagai perbandingan jarak dengan waktu, debit sebagai perbandingan volume dan waktu)
Menjelaskan skala melalui denah
Menjelaskan, dan menentukan volume bangun ruang dengan
menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga
dengan akar pangkat tiga
Menjelaskan dan menemukan jaring-jaring bangun ruang
sederhana (kubus dan balok)
Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik
atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya
Menjelaskan penyajian data
yang berkaitan dengan diri peserta didik dan membandingkan dengan data
dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (piktogram),
diagram batang, atau diagram garis
IPA
Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia
serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
Menjelaskan organ pernapasan dan fungsinya pada hewan dan
manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia
Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan
manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia
Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan
dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia
Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan
jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar.
Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan
sehari-hari
Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan
wujud benda dalam kehidupan sehari-hari
Menganalisis siklus air dan
dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup
Mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari
berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran)
IPS
Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai
negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan
ekonomi, sosial, budaya,komunikasi serta transportasi.
Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan
lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi
masyarakat Indonesia
Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan
kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan
persatuan bangsa
Mengidentifikasi faktor-faktor penting penyebab
penjajahan bangsa Indonesia dan upaya
bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya
SBdP
Memahami gambar cerita
Memahami tangga nada
Memahami properti tari daerah
Memahami karya seni rupa daerah
PJOK
Memahami kombinasi gerak lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional
Memahami kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan
lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga
tradisional
Menerapkan variasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor
untuk membentuk gerak dasar seni beladiri
Memahami aktivitas latihan daya tahan jantung (cardio
respiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani
Memahami kombinasi pola gerak dominan (bertumpu, bergantung,
keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan
mendarat) untuk membentuk keterampilan dasar senam menggunakan alat
Memahami penggunaan
kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan
lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak
berirama
Memahami salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik
pada jarak tertentu
Memahami konsep pemeliharaan diri dan orang lain dari
penyakit menular dan tidak menular
Memahami bahaya merokok, minuman keras, dan narkotika,
zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya
lainnya terhadap kesehatan tubuh
No comments:
Post a Comment