Breaking News

MATERI HOME LEARNING KELAS 6, 16 MARET 2020

"MENYUSUN NASKAH PIDATO"

Pidato merupakan kegiatan berbicara. Berpidato bisa dilakukan dengan cara:
  1. Berdasarkan teks/naskah pidato (yang sudah disiapkan sebelumnya)
  2. Berdasarkan catatan tentang garis besar isi pidato
  3. Tanpa teks.   
Naskah pidato disusun berdasarkan langkah-langkah berikut:
  1. Menentukan tema atau pokok pembicaraan. Tema disesuaikan dengan peristiwa yang melatarbelakangi pidato. Misalnya, untuk acara perpisahan, kamu bisa menyampaikan tema “Berterima kasih kepada Bapak-bapak/Ibu-ibu Guru”.
  2. Mendaftar pokok-pokok isi yang akan disampaikan dalam pidato.
  3. Menentukan tujuan pidato. Tujuan pidato bermacam-macam, misalnya untuk mengemukakan atau menyampaikan sesuatu, menghibur, menjelaskan sesuatu atau mempengaruhi pendengar.
  4. Menyusun kerangka pidato.
Kerangka pidato adalah catatan tentang pokok-pokok isi pidato yang disusun sesuai dengan urutan yang dikehendaki. Kerangka pidato terdiri atas:
  1. Pendahuluan. Pada pendahuluan biasanya berisi salam pembuka, ucapan syukur kepada Tuhan, ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang terkait, dan tujuan pidato.
  2. Isi. Isi pidato berisi uraian materi pidato. Isi pidato harus sesuai dengan tema pidato.
  3. Penutup. Penutup berisi kesimpulan, saran, kritik, harapan-harapan, ucapan terima kasih, permohonan maaf, dan salam penutup.
Teks pidato harus memuat hal-hal pokok berikut:
  1. Salam pembuka. Berisi kalimat sapaan (selamat pagi, selamat siang, selamat malam, dan  lain-lain)
  2. Pendahuluan. Memaparkan topik permasalahan yang  akan dibahas.
  3. lnti. Berisi pembahasan topik  secara   lengkap. Kalimat ajakan atau bujukan digunakan untuk mengajak pendengar melakukan kegiatan yang diharapkan.
  4. Penutup. Penyampaian rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan.
  5. Salam  penutup. Berisi kalimat salam penutup seperti “terima kasih”.
Selain itu, kamu juga dapat membuat konsep pidato untuk mempermudah menuliskan pidato. Berikut contoh dari konsep pidato:

Berdasarkan konsep pidato di atas, dapat dibuat contoh pidato sebagai berikut:

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Yang saya hormati teman–teman dan para hadirin semua. Hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi kita semua. Tanggal 21 April adalah momen yang harus selalu kita syukuri. Kita mengenang perjuangan seorang pahlawan di masa lalu yang berusaha menjadikan perempuan mempunyai hak yang sama dengan kaum laki–laki.

Puji syukur marilah senantiasa kita ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia dan kesehatan sehingga kita masih dapat memperingati dan memaknai peringatan Hari Kartini tahun ini.  Kita semua tahu, bahwa sosok R.A. Kartini memang sosok yang sangat mulia dengan kesabaran dan keteguhannya berjuang untuk harkat kaum wanita dan pendidikan Indonesia.

Semangat dan ketekunan Ibu Kartini akhirnya membuahkan hasil. Beliau sukses mendirikan sebuah sekolah wanita dan mengajarkan ilmu pengetahuan dan keterampilan-keterampilan untuk meningkatkan peran wanita.
   
Hari Kartini diperingati setiap tahun. Sebaiknya, kegiatan ini bukan hanya sebagai seremonial, namun kita harus memaknai peringatan Hari Kartini. Dengan memahami makna Hari Kartini, para wanita Indonesia terus berupaya meningkatkan perannya demi kemajuan bangsa dan negara
tanpa melupakan kodratnya sebagai seorang wanita. 

Semoga dengan peringatan ini, akan muncul Kartini–Kartini generasi baru untuk terus berjuang, baik sebagai pejuang hak wanita maupun sebagai pondasi penting dalam kemajuan Negara Indonesia di berbagai aspek. Seperti lirik lagu yang diciptakan oleh W.R. Soepratman “Ibu kita Kartini, Putri sejati, Putri Indonesia, Harum namanya”. Meskipun Ibu Kartini sudah tidak ada, tetapi namanya dan perjuangannya dapat terus dinikmati hingga sekarang.

Semoga kita dapat menjaga hasil jerih payah perjuangan Ibu Kartini dan meneruskan perjuangan beliau dalam kehidupan. Sekian pidato dari saya. Mohon maaf jika ada kekurangan dan kesalahan.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Untuk melihat contoh berpidato yang baik, kamu dapat mengklik tautan berikut:

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates