TEMA 7
Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku
SUB TEMA 1
Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitarku
PEMBELAJARAN 1
Udin dan teman-teman pergi bersama ke sekolah.
Mereka mengenakan seragam dengan rapi dan lengkap.
Topi termasuk bagian dari seragam yang harus dikenakan.
Topi dan seragam merupakan contoh benda tak hidup.
Apakah kamu suka mengenakan topi?
Tahukah kamu lagu Topi Saya Bundar?
Perhatikan lirik lagu Topi Saya Bundar berikut ini:
Berikut nyanyian dari lirik lagu tersebut:
Apakah kamu memiliki topi yang bundar?
Perhatikan tanda yang ada di bawah syair lagu berikut ini.
Dapatkah kamu membedakan antara lirik lagu yang diberi tanda berwarna hijau pendek dengan yang diberi tanda berwarna hijau panjang? Tuliskan perbedaan tersebut di dalam buku tulismu!
Selanjutnya, tahukah kamu benda apa saja yang memiliki kesamaan dengan topi? Tuliskan 3 (tiga) benda tersebut di dalam buku tulismu!
Perhatikan gambar di bawah ini!
Apa saja benda hidup yang ada pada gambar di atas? Tuliskan hasil pengamatanmu dalam buku tulismu!
Apa saja benda tak hidup yang ada pada gambar di atas? Tuliskan hasil pengamatanmu dalam buku tulismu!
Perhatikan beberapa gambar di bawah ini!
Tentukan kelompok benda hidup dan tak hidup yang ada pada gambar di atas kemudian tuliskan dalam tabel seperti contoh di bawah dalam buku tulismu!
Benda-benda di kelas harus kita pelihara dengan baik.
Kegiatan memelihara benda dengan baik termasuk perbuatan yang terpuji.
Berikut ini adalah lambang negara kita yaitu Garuda Pancasila.
Lambang negara biasa dipajang pada dinding kelas.
Pada lambang negara tersebut terdapat sila-sila Pancasila.
Kamu sudah mengetahui sila ke-1 sampai sila ke-3 pada pembelajaran sebelumnya.
Sekarang, mari kita mengenal simbol dan bunyi sila ke-4 Pancasila.
Simbol sila ke-4 Pancasila adalah kepala banteng.
Bunyi sila ke-4 Pancasila adalah Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
.
No comments:
Post a Comment