Breaking News

MATERI HOME LEARNING KELAS 3, 24 MARET 2020

TEMA 7 
Perkembangan Teknologi

SUB TEMA 1
Perkembangan Teknologi Produksi Pangan

PEMBELAJARAN 6

Dayu, Lani, Udin, Beni, dan Edo ingin belajar membuat tempe. 
Di sekitar tempat tinggal mereka, ada tempat pengolahan tempe. 
Sebelumnya mereka telah membaca beberapa informasi tentang pembuatan tempe.

Bacalah teks bacaan berikut!

Cara Membuat Tempe 
Kedelai merupakan hasil perkebunan yang memiliki banyak manfaat. Tempe adalah salah satu hasil teknologi pangan dari kedelai. Cara membuatnya cukup mudah.

Kacang kedelai digunakan untuk membuat tempe. Selain itu, ditambahkan ragi tempe serta daun pisang. Pertama, kacang kedelai dicuci hingga bersih. Kemudian, direndam selama 12 sampai 18 jam.


Kacang kedelai dicuci hingga kulitnya terlepas.  Lalu, kacang kedelai dikukus atau direbus hingga empuk. Kacang kedelai yang sudah empuk  diangkat dan ditiriskan. Ragi tempe dapat  ditaburkan jika suhunya telah berubah menjadi hangat.

Kacang kedelai dapat dikonsumsi  dalam bentuk yang baru yaitu tempe, melalui teknologi pangan. Teknologi panganbermanfaat agar kedelai dapat dinikmati sebagai jenis makanan baru. Zat gizi pada tempe dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang telah rusak.


Lengkapi kalimat di bawah ini!
Gunakan kata-kata dalam kotak untuk membantumu.
Tempe merupakan salah satu makanan yang diolah melalui _____________ pangan. Bahan utamanya adalah kacang________ dan ragi tempe. Ragi tempe berguna dalam_________ perubahan dari kacang kedelai menjadi tempe. Ragi tempe ditaburkan di atas kacang kedelai saat ________ kacang kedelai rebus telah turun menjadi hangat. Setelah satu atau dua hari, kedelai akan berubah menjadi tempe.__________ tempe  akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh.

Siti, Dayu, Lani, Udin, Edo, dan Beni ikut serta membuat tempe. Mereka bekerja sama menyiapkan proses pembuatan tempe. Udin dan Edo menyiapkan kompor dan panci. Dayu mencuci kacang kedelai dibantu oleh Lani. Siti dan Beni bertugas merebus kacang kedelai. Siti harus mengisi panci dengan air. Panci yang tersedia berukuran besar. Gelas untuk menuang air berukuran kecil. Siti menghitung banyaknya gelas berisi air agar panci terisi sampai penuh.

Satu panci terisi penuh air setelah dituang 9 gelas satuan.
Artinya, volume 1 buah panci setara dengan 9 gelas satuan.

Bacalah teks bacaan berikut!
Setelah membuat tempe, Siti dan teman-teman akan mengolah tempe yang sudah jadi. Mereka membayangkan menu masakan yang akan dibuat dari tempe. 
Siti ingin membuat tempe balado karena Siti suka pedas. Edo ingin membuat semur tempe karena Edo suka rasa manis. Lani ingin membuat tempe asam manis karena Lani suka rasa asam dari saus tomat. Beni, Dayu, dan Udin, lebih suka tempe yang digoreng. Rasanya asin dan gurih. Siti memaksa ingin membuat tempe balado. Demikian pula, Edo tetap bertahan ingin membuat semur tempe. Karena tidak ada yang mau mengalah, hampir saja tempe tidak jadi diolah. 
Keinginan setiap orang berbeda-beda. Jika setiap orang memaksakan kehendak, akan terjadi pertengkaran. 
Akhirnya, Siti dan kawan-kawan berdiskusi untuk menentukan jenis masakan yang akan dibuat. Siti tidak ingin memaksakan kehendak. Siti paham bahwa tidak semua orang suka pedas. Siti memiliki tenggang rasa terhadap teman-temannya. Begitu pula Edo dan Lani, mereka tidak memaksakan keinginan pribadi. Dari hasil diskusi, semua sepakat untuk membuat tempe mendoan. 
Perbedaan sifat dan kebiasaan dapat menimbulkan pertengkaran jika tidak ada yang mau mengalah. Sikap itu tentu saja tidak baik. Perbedaan sifat dan kebiasaan tidak akan menjadi masalah, jika bertoleransi terhadap sifat dan kebiasaan orang lain. 
Tenggang rasa adalah sikap mau memahami keadaan orang lain.

Amati hasil diskusi mengenai berbagai akibat dari adanya perbedaan sifat dan kebiasaan pada setiap orang!

• Muncul sikap tenggang rasa
• Berbeda pendapat
• Perang antar suku bangsa
• Memahami perasaan orang lain
• Saling melengkapi satu sama lain
• Memicu pertengkaran
• Menghargai perbedaan
• Memaksakan kehendak
• Memperkaya wawasan
• Tidak mau bersatu

Tuliskan kembali sikap yang perlu ditiru dan dihindari jika terdapat perbedaan pada tabel berikut!

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates