Breaking News

MATERI HOME LEARNING KELAS 4, 1 APRIL 2020

TEMA 9 
Kayanya Negeriku

SUBTEMA 1
Kekayaan Sumber Energi di Indonesia

PEMBELAJARAN 1

Air memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Salah satu pemanfaatan air yang sangat cerdas adalah sebagai pembangkit listrik tenaga air. Manfaat air yang sangat besar dan berpengaruh terhadap kehidupan manusia, Oleh sebab itu, harusnya diimbangi dengan kesadaran menjaga sumber air yang ada di bumi. Membuang-buang air merupakan perbuatan yang tidak bijak. Air dan listrik menjadi kebutuhan manusia yang tidak bisa digantikan oleh apapun. Kegiatan sehari-hari akan terganggu ketika pasokan air dan listrik terganggu.

Di Indonesia, pembangkit listrik tenaga air adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi seluruh kebutuhan pasokan listrik bagi masyarakat. Banyaknya ketersediaan air menjadi salah satu alasan paling mendasar untuk membangun pembangkit listrik tenaga air di Indonesia. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika di Indonesia memiliki banyak waduk atau bendungan. Waduk atau bendungan merupakan salah satu rangkaian sistem dari pembangkit listrik tenaga air. Aliran air dari bendungan atau waduk digunakan untuk menggerakkan turbin untuk kemudian membangkitkan energi listrik.

Air merupakan salah satu sumber energi yang cukup berlimpah. Air menyimpan energi yang cukup besar. Aliran air mampu menggerakkan kincir yang dibangun di dekat sungai. Kincir-kincir ini akan dihubungkan dengan generator untuk menghasilkan listrik. Makin deras aliran air, semakin kencang kincir berputar. Energi listrik yang dihasilkan pun semakin besar.


Energi merupakan kemampuan untuk melakukan usaha. Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan. Energi berasal dari sumber energi. Sumber energi yang biasa digunakan oleh manusia adalah bahan bakar minyak (BBM). Namun ketersediaan bahan bakar tersebut semakin menipis sehingga dibutuhkan sumber energi alternatif. Arus air untuk pembangkit listrik merupakan salah satu penggunaan sumber alternatif. Selain air, contoh lainnya yang termasuk sumber energi alternatif adalah matahari, angin, panas bumi (geothermal), limbah sisa tanaman pertanian, dan kotoran ternak. Selain itu sumber energi yang dapat dijadikan sebagai sumber energi alternatif harus ramah lingkungan.

Ayo berlatih!
Kerjakan soal-soal berikut di buku latihanmu!
  1. Energi yang digunakan untuk menggantikan energi yang akan habisndi alam disebut ....
  2. Sumber energi alternatif berupa energi panas adalah ....
  3. Sumber energi alternatif untuk menggerakkan turbin pada pembangkit listrik adalah ....
  4. Angin dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif. Angin dimanfaatkan untuk ... pada kincir angin.
  5. Ciri-ciri sumber energi alternatif harus ....

Fungsi Sumber Daya Alam bagi Lingkungan Manusia
Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Lingkungan menjadi penyedia berbagai sumber daya. Sumber daya itu termasuk sumber daya energi yang dibutuhkan untuk menunjuang kehidupan manusia. Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari lingkungan alam maupun lingkungan sosial.

Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi kehidupan manusia. Sumber daya seperti udara, cahaya dan air merupakan lingkungan bagi kita. Lingkungan menyediakan kebutuhan bagi manusia dalam berbagai hal. Aktivitas manusia bergantung pada tersediannya sumber daya alam. Sumber daya alam (SDA) adalah segala sesuatu yang berasal dari alam dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

SDA dikelompokkan menjadi dua, yaitu:
1. berdasarkan lokasi sumbernya dikelompokkan menjadi SDA darat dan SDA perairan.
2. berdasarkan sifatnya SDA dikelompokkan menjadi SDA yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui

Berikut fungsi lingkungan bagi kehidupan:
1. Lingkungan sebagai Tempat Mencari Makan
Nelayan memperoleh nafkah dari laut. Petani memperoleh sumber peng hidupan nya dari lahan pertanian. Pengusaha memperoleh sumber penghidupan nafkah dari proses produksi, yaitu mengelola bahan-bahan dari lingkungannya.
2. Lingkungan sebagai Tempat Bekerja
Setiap manusia melakukan berbagai aktivitas untuk mencari nafkah. Berbagai aktivitas tersebut menimbulkan terjalinnya interaksi sosial. Hal ini juga menunjukkan ketergantungan antarmanusia dengan sesamanya. Melalui interaksi sosial manusia mampu mencapai kesejahteraan hidupnya.
3. Lingkungan sebagai Tempat Tinggal
Kalian tentu bisa membayangkan bagaimana jika suasana lingkungan rumah kotor dan penuh dengan sampah yang bau. Tambahan lagi bising, penuh asap pabrik maupun kendaraan, air yang keruh, dan listrik yang padam. Tentu sangat tidak nyaman tinggal di kawasan seperti itu bukan?

Ayo berlatih!
Lengkapi peta pikiran berikut. Kerjakan dibuku latihanmu!

Menggali Informasi Melalui Wawancara
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menggali informasi mengenai suatu hal, antara lain membuka internet, membaca buku, dan mencari informasi di majalah. Cara lain yang dapat dilakukan untuk menggali informasi adalah dengan melakukan wawancara.

Wawancara adalah kegiatan tanya jawab antara penanya dan pemberi informasi (narasumber). Misalnya, jika ingin mengetahui kondisi lingkungan di sekitar rumahmu, kamu dapat mewawancarai ketua RT atau tetanggamu.

Langkah-langkah dalam melakukan wawancara:
1) Fokus kepada hal yang ingin ditanyakan
2) Membuat daftar pertanyaan
3) Menentukan narasumber
4) Melakukan wawancara
5) Mencatat hal-hal penting seputar jawaban
6) Membuat kesimpulan hasil wawancara

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates