"Materi Ujian Sekolah Pendidikan Kewarganegaraan"
Tuliskan kembali bagian-bagian yang diberi tulisan berwarna merah ke dalam buku tulismu agar kamu mengetahui inti dari materi Ujian Sekolah PKn
- Peserta didik dapat menyebutkan isi pasal 1 UUD 1945 dengan benar
- Peserta didik dapat menjelaskan makna Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan benar
- Peserta didik dapat menunjukkan contoh sikap yang dapat menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa di sekolah
- Peserta didik dapat memberikan contoh bentuk cinta tanah air di lingkungan sekolah
- Peserta didik dapat menentukan sikap sebagai warga negara yang baik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan benar
- Disajikan tabel pernyataan tentang tujuan negara, peserta didik dapat menentukan tujuan NKRI berdasarkan pembukaan UUD 1945 alinea IV dengan benar
- Peserta didik dapat menjelaskan manfaat nilai persatuan di rumah dengan benar
- Disajikan Ilustrasi, peserta didik dapat menentukan faktor-faktor pendukung kondisi sekolah yang teduh, hijau dan bersih dengan tepat
- Peserta didik dapat menentukan perilaku yang mencerminkan nilai persatuan di sekolah dengan benar
- Peserta didik dapat menentukan perilaku yang mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di masyarakat dengan benar
- Disajikan Ilustrasi, peserta didik dapat menentukan faktor-faktor pendukung kondisi masyarakat hidup tenteram, aman dan sejahtera.
- Disajikan Ilustrasi tentang kehidupan masyarakat yang penuh dengan nilai persatuan dan kesatuan, peserta didik dapat memprediksi dampak buruk hilangnya nilai-nilai persatuan dan kesatuan di masyarakat tersebut dengan benar
- Disajikan naskah teks sumpah pemuda, peserta didik dapat mengidentifikasi makna yang terkandung di dalam naskah teks sumpah pemuda dengan benar
- Peserta didik dapat menentukan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan benar
- Disajikan ilustrasi dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan makna yang sesuai dengan sila ke 1 Pancasila dengan benar
- Disajikan tabel tentang makna Pancasila, peserta didik dapat menentukan makna yang sesuai dengan pengamalan sila ke 2 Pancasila dengan benar
- Disajikan ilustrasi tentang bencana alam, peserta didik dapat menentukan makna yang sesuai dengan sila ke 3 Pancasila dengan tepat
- Disajikan tabel tentang nilai-nilai Pancasila, peserta didik dapat menentukan nilai-nilai yang sesuai dengan sila ke 4 Pancasila dengan benar
- Peserta didik dapat menentukan gambar yang sesuai dengan nilai sila ke 2 Pancasila dengan benar
- Peserta didik dapat menentukan nilai yang terkandung dalam sila ke 5 Pancasila dengan benar
- Peserta didik dapat menentukan sikap dalam kehidupan di lingkungan sekolah yang sesuai dengan sila ke 3 Pancasila dengan benar
- Disajikan ilustrasi pemilihan ketua Rukun Tetangga(RT), peserta didik dapat menentukan sikap yang sesuai dengan sila ke 4 Pancasila dengan tepat
- Peserta didik dapat menentukan perilaku di lingkungan rumah yang sesuai dengan sila ke 2 Pancasila dengan benar
- Disajikan tabel tentang perilaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, peserta didik dapat menentukan perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila ke 2 Pancasila dengan benar
- Disajikan ilustrasi tentang kegiatan musyawarah membahas perayaan hari Kemerdekaan di lingkungan masyarakat, peserta didik dapat menentukan perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila ke 4 Pancasila dengan benar
- Disajikan gambar kegiatan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat, peserta didik dapat menentukan perilaku yang sesuai dengan sila ke 5 Pancasila dengan benar
- Disajikan pernyataan tentang kegiatan sehari-sehari, peserta didik dapat mengelompokan perilaku yang sesuai dengan sila ke 1 Pancasila dengan benar
- Peserta didik dapat menentukan makna Bhinneka Tunggal Ika dengan benar
- Disajikan ilustrasi tentang keanekaragaman sosial (suku, ras, etnis, agama), peserta didik dapat menunjukkan perilaku persatuan bangsa dalam lingkungan masyarakat dengan benar
- Disajikan gambar tentang budaya bangsa Indonesia peserta didik dapat menentukan asal daerah budaya dengan benar
- Disajikan ilustrasi tentang pertunjukan budaya daerah tertentu peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang mencerminkan keragaman budaya bangsa Indonesia dalam Bhinneka Tunggal Ika dengan tepat
- Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya hidup dalam keberagaman di lingkungan masyarakat/sekolah dengan tepat.
- Disajikan ilustrasi tentang keberagaman di bidang sosial/ekonomi peserta didik dapat menunjukkan manfaat dari keberagaman di bidang sosial/ekonomi dengan benar.
- Peserta didik dapat menentukan contoh kegiatan yang dapat memperkokoh persatuan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika dengan tepat
- Peserta didik dapat menentukan perilaku melestarikan budaya daerah dengan benar.
- Peserta didik dapat menentukan manfaat melestarikan budaya daerah dengan benar.
- Peserta didik dapat menentukan pentingnya menjaga dan melestarikan budaya dengan benar
- Peserta didik dapat memberikan contoh yang dapat memperkokoh semangat kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
- Peserta didik dapat menyebutkan manfaat adanya semangat kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari
- Disajikan ilustrasi tentang maraknya budaya dari manca negara peserta didik dapat memprediksi kejadian jika budaya manca negara tidak disaring dengan benar.
No comments:
Post a Comment