Breaking News

MATERI HOME LEARNING KELAS 6, 27 MARET 2020

"Materi Ujian Sekolah IPS"

Tuliskan kembali bagian-bagian yang diberi tulisan berwarna merah ke dalam buku tulismu agar kamu mengetahui inti dari materi Ujian Sekolah IPS

  1. Peserta didik dapat mengidentifikasi simbol pada peta yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan setempat dengan tepat
  2. Peserta didik dapat menjelaskan peranan skala dalam menggambarkan suatu lokasi/tempat di bumi dengan tepat.
  3. Peserta didik dapat menjelaskan peranan bangsa Indonesia dalam organisasi ASEAN
  4. Peserta didik dapat menetukan contoh hubungan kerjasama Indonesia dengan negara lain yang bersifat Bilateral
  5. Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi penduduk setempat dengan tepat.
  6. Disajikan ilustrasi/gambar, peserta didik dapat menganalisis manfaat kenampakan alam buatan bagi penduduk setempat berkaitan dengan kemampuan pengelolaan sumber daya manusia dengan tepat.
  7. Disajikan ilustrasi/gambar, peserta didik dapat menentukan kegiatan dalam bidang ekonomi penduduk suatu daerah berkaitan dengan potensi yang dimiliki dengan tepat.
  8. Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan usaha yang dapat dikembangkan penduduk di daerah tertentu berkaitan dengan sumber daya alam setempat secara tepat.
  9. Disajikan gambar/ilustrasi, peserta didik dapat menganalisis dampak positif/negatif aktivitas penduduk terhadap sumber daya alam dengan tepat.
  10. Disajikan ilustrasi kegiatan ekonomi, peserta didik dapat menjelaskan jenis-jenis kegiatan ekonomi penduduk sesuai dengan kondisi geografisnya dengan tepat.
  11. Peserta didik dapat menjelaskan manfaat koperasi bagi kehidupan masyarakat dengan tepat.
  12. Peserta didik dapat menentukan kegiatan ekonomi kreatif yang dikelola koperasi dengan tepat.
  13. Peserta didik dapat menentukan peran Moh. Hatta dalam pengembangan koperasi di Indoensia dengan tepat.
  14. Peserta didik dapat mengidentifikasi peran koperasi bagi perkembangan ekonomi wilayah dengan tepat.
  15. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan cara menghargai keragaman suku bangsa (etnis) dengan kondisi masyarakat yang majemuk dengan tepat.
  16. Disajikan gagasan kreatif, peserta didik dapat menentukan gagasan pengembangan keberagaman budaya bangsa untuk mendukung pembangunan sektor pariwisata dengan tepat.
  17. Peserta didik dapat menganalisis dampak positif keragaman budaya yang dapat dikembangkan bagi kemajuan wilayah setempat dengan tepat.
  18. Peserta didik dapat menentukan upaya pencegahan disintegrasi bangsa sebagai dampak negatif keberagaman
  19. Disajikan tabel peninggalan sejarah, peserta didik dapat mengidentifikasi peninggalan sejarah Hindu/Budha/Islam dengan tepat.
  20. Peserta didik dapat menentukan dampak positif dari peninggalan sejarah yang dikelola daerah kaitannya dengan ekonomi masyarakat secara tepat.
  21. Peserta didik dapat menentukan jenis peninggalan sejarah untuk tujuan tertentu dengan tepat
  22. Disajikan ilustrasi/gambar peninggalan bersejarah, peserta didik dapat menjelaskan peluang usaha yang mendukung pelestarian peninggalan bersejarah tersebut dengan tepat.
  23. Disajikan 4 gambar tokoh sejarah, peserta didik dapat menentukan tokoh sejarah yang berjuang di bidang pendidikan dengan tepat.
  24. Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan cara meneruskan keberhasilan pahlawan di masa lalu yang dapat dikembangkan saat ini dengan tepat.
  25. Peserta didik dapat menentukan sikap positif dari tokoh sejarah yang dapat dilakukan saat ini berkaitan dengan persatuan dengan tepat.
  26. Peserta didik dapat menganalisis nilai-nilai Sumpah Pemuda 1928 guna menghadapi ancaman disintegrasi bangsa dengan tepat.
  27. Peserta didik dapat menjelaskan cara meneladani para pahlawan kemerdekaan yang dapat dilakukan oleh setiap warganegara dengan tepat.
  28. Peserta didik dapat menentukan dampak positif perjuangan para pahlawan kemerdekaan Indonesia bagi kedaulatan NKRI dengan tepat
  29. Peserta didik dapat menganalisis sikap keteladanan para pahlawan dalam mempersiapkan kemerdekaan bangsa Indonesia dengan tepat.
  30. Peserta didik dapat menunjukkan cara menghargai jasa para pahlawan kemerdekaan yang dapat dilakukan oleh setiap warganegara dengan tepat.
  31. Peserta didik dapat menentukan hal positif yang dilakukan bangsa Indonesia untuk menghargai jasa para pahlawan kemerdekaan dengan tepat.
  32. Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat memprediksi akibat yang terjadi jika para pahlawan tidak memiliki sikap rela berkorban bagi tegaknya NKRI dengan tepat.
  33. Peserta didik dapat menjelaskan pengaruh globalisasi (ekonomi/pendidikan/budaya) dengan tepat.
  34. Peserta didik dapat menentukan peluang usaha di era globalisasi dengan perkembangan teknologi informasi dengan tepat.
  35. Peserta didik dapat menentukan dampak positif pasar bebas dengan perubahan perilaku masyarakat di bidang ilmu pengetahuan dengan tepat.
  36. Peserta didik dapat menganalisis perilaku yang perlu dikembangkan dalam menghadapi dampak positif globalisasi bagi pelajar dengan tepat.
  37. Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis komoditi ekspor Indonesia ke negara tertentu dengan tepat.
  38. Peserta didik dapat menentukan strategi yang dapat dilakukan agar perusahaan asing di Indonesia dapat menguntungkan masyarakat Indonesia secara ekonomi dengan tepat.
  39. Peserta didik dapat menentukan manfaat kegiatan ekspor kaitannya dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan tepat.
  40. Peserta didik dapat menganalisis upaya yang dilakukan agar produk ekspor Indonesia mampu bersaing dengan produk luar negeri secara tepat.



No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates