"Materi Ujian Sekolah IPS"
Tuliskan kembali bagian-bagian yang diberi tulisan berwarna merah ke dalam buku tulismu agar kamu mengetahui inti dari materi Ujian Sekolah IPS
- Peserta didik dapat mengidentifikasi simbol pada peta yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan setempat dengan tepat
- Peserta didik dapat menjelaskan peranan skala dalam menggambarkan suatu lokasi/tempat di bumi dengan tepat.
- Peserta didik dapat menjelaskan peranan bangsa Indonesia dalam organisasi ASEAN
- Peserta didik dapat menetukan contoh hubungan kerjasama Indonesia dengan negara lain yang bersifat Bilateral
- Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi penduduk setempat dengan tepat.
- Disajikan ilustrasi/gambar, peserta didik dapat menganalisis manfaat kenampakan alam buatan bagi penduduk setempat berkaitan dengan kemampuan pengelolaan sumber daya manusia dengan tepat.
- Disajikan ilustrasi/gambar, peserta didik dapat menentukan kegiatan dalam bidang ekonomi penduduk suatu daerah berkaitan dengan potensi yang dimiliki dengan tepat.
- Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan usaha yang dapat dikembangkan penduduk di daerah tertentu berkaitan dengan sumber daya alam setempat secara tepat.
- Disajikan gambar/ilustrasi, peserta didik dapat menganalisis dampak positif/negatif aktivitas penduduk terhadap sumber daya alam dengan tepat.
- Disajikan ilustrasi kegiatan ekonomi, peserta didik dapat menjelaskan jenis-jenis kegiatan ekonomi penduduk sesuai dengan kondisi geografisnya dengan tepat.
- Peserta didik dapat menjelaskan manfaat koperasi bagi kehidupan masyarakat dengan tepat.
- Peserta didik dapat menentukan kegiatan ekonomi kreatif yang dikelola koperasi dengan tepat.
- Peserta didik dapat menentukan peran Moh. Hatta dalam pengembangan koperasi di Indoensia dengan tepat.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi peran koperasi bagi perkembangan ekonomi wilayah dengan tepat.
- Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan cara menghargai keragaman suku bangsa (etnis) dengan kondisi masyarakat yang majemuk dengan tepat.
- Disajikan gagasan kreatif, peserta didik dapat menentukan gagasan pengembangan keberagaman budaya bangsa untuk mendukung pembangunan sektor pariwisata dengan tepat.
- Peserta didik dapat menganalisis dampak positif keragaman budaya yang dapat dikembangkan bagi kemajuan wilayah setempat dengan tepat.
- Peserta didik dapat menentukan upaya pencegahan disintegrasi bangsa sebagai dampak negatif keberagaman
- Disajikan tabel peninggalan sejarah, peserta didik dapat mengidentifikasi peninggalan sejarah Hindu/Budha/Islam dengan tepat.
- Peserta didik dapat menentukan dampak positif dari peninggalan sejarah yang dikelola daerah kaitannya dengan ekonomi masyarakat secara tepat.
- Peserta didik dapat menentukan jenis peninggalan sejarah untuk tujuan tertentu dengan tepat
- Disajikan ilustrasi/gambar peninggalan bersejarah, peserta didik dapat menjelaskan peluang usaha yang mendukung pelestarian peninggalan bersejarah tersebut dengan tepat.
- Disajikan 4 gambar tokoh sejarah, peserta didik dapat menentukan tokoh sejarah yang berjuang di bidang pendidikan dengan tepat.
- Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan cara meneruskan keberhasilan pahlawan di masa lalu yang dapat dikembangkan saat ini dengan tepat.
- Peserta didik dapat menentukan sikap positif dari tokoh sejarah yang dapat dilakukan saat ini berkaitan dengan persatuan dengan tepat.
- Peserta didik dapat menganalisis nilai-nilai Sumpah Pemuda 1928 guna menghadapi ancaman disintegrasi bangsa dengan tepat.
- Peserta didik dapat menjelaskan cara meneladani para pahlawan kemerdekaan yang dapat dilakukan oleh setiap warganegara dengan tepat.
- Peserta didik dapat menentukan dampak positif perjuangan para pahlawan kemerdekaan Indonesia bagi kedaulatan NKRI dengan tepat
- Peserta didik dapat menganalisis sikap keteladanan para pahlawan dalam mempersiapkan kemerdekaan bangsa Indonesia dengan tepat.
- Peserta didik dapat menunjukkan cara menghargai jasa para pahlawan kemerdekaan yang dapat dilakukan oleh setiap warganegara dengan tepat.
- Peserta didik dapat menentukan hal positif yang dilakukan bangsa Indonesia untuk menghargai jasa para pahlawan kemerdekaan dengan tepat.
- Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat memprediksi akibat yang terjadi jika para pahlawan tidak memiliki sikap rela berkorban bagi tegaknya NKRI dengan tepat.
- Peserta didik dapat menjelaskan pengaruh globalisasi (ekonomi/pendidikan/budaya) dengan tepat.
- Peserta didik dapat menentukan peluang usaha di era globalisasi dengan perkembangan teknologi informasi dengan tepat.
- Peserta didik dapat menentukan dampak positif pasar bebas dengan perubahan perilaku masyarakat di bidang ilmu pengetahuan dengan tepat.
- Peserta didik dapat menganalisis perilaku yang perlu dikembangkan dalam menghadapi dampak positif globalisasi bagi pelajar dengan tepat.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis komoditi ekspor Indonesia ke negara tertentu dengan tepat.
- Peserta didik dapat menentukan strategi yang dapat dilakukan agar perusahaan asing di Indonesia dapat menguntungkan masyarakat Indonesia secara ekonomi dengan tepat.
- Peserta didik dapat menentukan manfaat kegiatan ekspor kaitannya dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan tepat.
- Peserta didik dapat menganalisis upaya yang dilakukan agar produk ekspor Indonesia mampu bersaing dengan produk luar negeri secara tepat.
No comments:
Post a Comment