Breaking News

MATERI HOME LEARNING KELAS 6, 9 APRIL 2020

MATERI UJIAN SEKOLAH MATEMATIKA
NOMOR 1 -3

1) Peserta didik dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah. (yang terdiri dari 4 angka atau lebih)
  • Bilangan cacah adalah himpunan bilangan bulat yang tidak negatif, yaitu {0, 1, 2, 3, …}.
  • Operasi hitung penjumlahan dan pengurangan sama kedudukannya, maka yang dikerjakan terlebih dahulu adalah operasi hitung paling kiri (paling depan), namun jika ada operasi hitung dalam kurung, maka operasi hitung dalam kurung dikerjakan terlebih dahulu.
  • Dalam menjumlah atau mengurang 4 angka atau lebih, maka kamu perlu menghitung dengan cara bersusun ke bawah. 
  • Untuk menghitung bersusun ke bawah, kamu perlu menghapal penjumlahan dasar berikut:
  • +
    1
    2
    3
    4
    5
    6
    7
    8
    9
    1
    2
    3
    4
    5
    6
    7
    8
    9
    10
    2
    3
    4
    5
    6
    7
    8
    9
    10
    11
    3
    4
    5
    6
    7
    8
    9
    10
    11
    12
    4
    5
    6
    7
    8
    9
    10
    11
    12
    13
    5
    6
    7
    8
    9
    10
    11
    12
    13
    14
    6
    7
    8
    9
    10
    11
    12
    13
    14
    15
    7
    8
    9
    10
    11
    12
    13
    14
    15
    16
    8
    9
    10
    11
    12
    13
    14
    15
    16
    17
    9
    10
    11
    12
    13
    14
    15
    16
    17
    18
  • Bagian tabel yang berwarna kuning wajib kamu hafal ya, karena biasanya banyak kesalahan penjumlahan bersusun ke bawah yang hasilnya ada di tabel berwarna kuning.
  • Selain penjumlahan bersusun ke bawah yang banyak kesalahan seperti di atas, ada juga pengurangan yang harus dihapal, yaitu:
18 – 9 = 9
17 – 9 = 8
17 – 8 = 9
16 – 9 = 7
16 – 8 = 8
16 – 7 = 9
15 – 9 = 6
15 – 8 = 7
15 – 7 = 8
15 – 6 = 9

14 – 9 = 5
14 – 8 = 6
14 – 7 = 7
14 – 6 = 8
14 – 5 = 9
13 – 9 = 4
13 – 8 = 5
13 – 7 = 6
13 – 6 = 7
13 – 5 = 8
13 – 4 = 9


12 – 9 = 3
12 – 8 = 4
12 – 7 = 5
12 – 6 = 6
12 – 5 = 7
12 – 4 = 8
12 – 3 = 9

11 – 9 = 2
11 – 8 = 3
11 – 7 = 4
11 – 6 = 5
11 – 5 = 6
11 – 4 = 7
11 – 3 = 8
11 – 2 = 9

2) Peserta didik dapat menyelesaikan masalah penalaran yang melibatkan operasi perkalian dan pembagian  bilangan cacah berkaitan dengan kegiatan jual beli.
  • Untuk menyelesaikan masalah penalaran melibatkan operasi perkalian dan pembagian, pahami terlebih dahulu kata-kata dalam soal tersebut. 
  • Tandai informasi yang diketahui pada soal dan yang ditanyakan pada soal
  • Perhatikan angka-angka yang ditulis dengan huruf atau ditulis dengan perincian.
  • Buat model matematika operasi hitung dari permasalahan yang disajikan
  • Setelah memahami soal dan dapat membuat model matematika, maka untuk menghitung perkalian dan pembagian bilangan cacah, maka kamu harus hapal perkalian berikut:
  • x
    1
    2
    3
    4
    5
    6
    7
    8
    9
    1
    1
    2
    3
    4
    5
    6
    7
    8
    9
    2
    2
    4
    6
    8
    10
    12
    14
    16
    18
    3
    3
    6
    9
    12
    15
    18
    21
    24
    27
    4
    4
    8
    12
    16
    20
    24
    28
    32
    36
    5
    5
    10
    15
    20
    25
    30
    35
    40
    45
    6
    6
    12
    18
    24
    30
    36
    42
    48
    54
    7
    7
    14
    21
    28
    35
    42
    49
    56
    63
    8
    8
    16
    24
    32
    40
    48
    56
    64
    72
    9
    9
    18
    27
    36
    45
    54
    63
    72
    81
3) Peserta didik dapat menentukan operasi hitung campuran (penjumlahan dan penggurangan) bilangan bulat (minimal tiga bilangan dua angka)
  • Bilangan bulat adalah himpunan bilangan { …,-3,-2,-1,0, 1, 2, 3, ….}
  • Penjumlahan bilangan bulat yang bertanda sama (positif dengan positif atau negatif dengan negatif) dilakukan dengan cara dijumlahkan
  • Penjumlahan bilangan bulat bertanda beda (positif dengan negatif atau sebaliknya) dilakukan dengan cara angka besar dikurangi dengan angka kecil
  • Tanda untuk hasil untuk penjumlahan bilangan bulat adalah mengikuti angka yang besar
  • Perhatikan tabel berikut:
  • Operasi
    Penjumlahan
    Cara mengerjakan
    Tanda pada hasil
    Positif

    Positif
    Dijumlahkan
    Positif
    Positif
    Negatif
    Angka besar dikurang angka kecil
    Positif, jika angka positif yang besar
    Negatif, jika angka negatif yang besar

    Negatif
    Positif
    Angka besar dikurang angka kecil
    Positif, jika angka positif yang besar
    Negatif, jika angka negatif yang besar

    Negatif
    Negatif
    Dijumlahkan
    Negatif
  • Sementara itu, untuk pengurangan bilangan bulat kita dapat mengubahnya menjadi bentuk penjumlahan terlebih dahulu
  • Pada pengurangan bilangan bulat, tanda - (- berubah menjadi tambah ( + )
  • Jika sudah menjadi bentuk penjumlahan, kembali ke aturan operasi hitung penjumlahan bilangan buat 
  • Berikut contoh pengurangan bilangan bulat
  • -8 – 12 = - 8 + (-12) = -20
  • 8 – (-12) = 8 + 12 = 20
  • -8 – (-12) = -8 + 12 = 4
  • 8 – 12 = 8 + (-12) = -4
Nah kamu sudah membaca dan mengetahui materi ujian sekolah matematika nomor 1 - 3 di atas, nah sekarang saatnya kamu berlatih soal dari materi-materi tersebut.
Latihan soal diisi dalam bentuk kotak-kotak di bawah ini, berikut latihan soal 3 materi tersebut:

Latihan Soal US Matematika Materi Nomor 1 - 3
Mendatar
1. Seorang peternak ayam membawa 25 peti telur ayam. Setiap peti berisi 200 butir telur. Telur tersebut akan dikirim ke beberapa pedagang. Jika setiap pedagang mendapat 250 butir, maka pedagang yang mendapat kiriman telur sebanyak ... pedagang.
2. Pak Maman membeli 40 dus pulpen. Setiap dus berisi pulpen merah, hitam, dan biru yang masing-masing warna berjumlah 5 buah. Jika pulpen-pulpen tersebut dibagikan untuk 20 anak, maka pulpen yang diterima setiap anak berjumlah....
4. Hasil dari 1.744 + 1.264 - 1.356 adalah....
6. Hasil dari 31.250 + 4.065 – 10.527 adalah ....
7. Ibu mempunyai sekotak wafer kemudian ibu membeli lagi membeli 15 kotak wafer lagi. Wafer tersebut akan dibagikan kepada Roni, Susi, Raja, dan Rina dengan jumlah yang sama. Jika setiap kotak berisi 18 wafer maka setiap anak akan mendapat....wafer
8. Hasil dari 2.020 + 1.017 – 2158 adalah....
9. Hasil dari 75 + (-25) – 17 adalah ....
10. Hasil dari 32.051 + 6.054 – 27.501 adalah ....

Menurun
1. Hasil dari -50 + (-25) – (-315) adalah ....
2. Sebuah pabrik tas menghasilkan 225 buah tas setiap hari. Jika dalam setiap minggu pabrik tersebut mampu mengirimkan tas ke 5 agen terdekat sama banyak, maka banyak tas yang diterima setiap agen adalah ....
3. Hasil dari 34 + (-19) – (-42) adalah....
4. Ibu membeli 24 Kg jeruk. Setiap kilo berisi 8 buah jeruk. Jeruk –jeruk tersebut akan dimasukan ke dalam kotak. Kotak yang ibu siapkan ada 16 buah. Jeruk yang dimasukkan ibu dalam setiap kotak ada ... buah
5. hasil dari 32 + (-21) – (-17) adalah ....
6. Hasil dari 4.156 + 1.035 - 2.257 adalah....






No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates