TEMA 8
Peristiwa Alam
Peristiwa Alam
SUBTEMA 4
Bencana Alam
Bencana Alam
PEMBELAJARAN 3&4
Bermain
sambil Mengukur Suhu
Bagaimana dengan udara di tempatmu?
Samakah suhu udara yang kalian rasakan? Mengapa?
Edo lalu mencoba mengukur suhu.
Mengukur suhu dengan alat ukur tidak baku.
Edo memegang kursi di kelas dengan telapak tangan.
Kursi terasa dingin.
Edo lalu berjalan ke luar kelas.
Edo memegang batu di halaman sekolah.
Batu terasa panas.
Mari, berlatih mengukur suhu.
Carilah lima benda yang ada di dalam rumah.
Kemudian, cari lima benda yang ada di luar rumah.
Peganglah dengan telapak tanganmu.
Apa yang kamu rasakan? Coba bandingkan.
1. Tulislah hasil latihanmu pada tabel berikut.
2. Beri tanda (√) pada suhu yang sesuai.
No.
|
Nama Benda
|
Lokasi Benda
|
Suhu Panas
|
Suhu Dingin
|
1.
|
Kursi
|
Dalam rumah
|
√
|
|
2.
|
Batu
|
Halaman rumah
|
√
|
|
3.
|
||||
4.
|
||||
5.
|
||||
6.
|
||||
7.
|
||||
8.
|
||||
9.
|
||||
10.
|

Mari
Beraktivitas Air
Apabila terjadi banjir, air akan menggenangi jalanan.
Kaki sulit melangkah karena terasa berat.
Ayo, kita latihan berjalan di dalam air.
Selalu siap siaga apabila bencana datang.
Amati gambar berikut.
Senangnya beraktivitas di dalam air.
Latihan yang baik untuk menghadapi bencana.
Kini saatnya kembali ke kelas.
Bacalah percakapan berikut

Menulis
Permintaan Tolong
Bencana alam dapat menimpa siapa pun.
Bencana alam dapat pula menimpa dirimu.
Saat menghadapi kesulitan, kamu perlu bantuan.
Mintalah tolong kepada temanmu.
Ungkapkan permintaanmu dengan kata yang santun.
Tulislah kalimat permintaan tolong dari kata-kata
berikut!
1. Payung
Pak, minta tolong ambilkan payung. Di luar sedang hujan deras.
2. Air
.....................................................................................................
3. Banjir
.....................................................................................................
4. Longsor
.....................................................................................................
5. Bencana
.......................................................................................................
6. Sakit
.....................................................................................................
KEGIATAN RAMADHAN
1. MELAFALKAN
SURAT AL - LAHAB
Pendidikan DKI
Anak-anak
sudah shalat subuh tadi? Alhamdulillah, laksanakan berjamaah dengan anggota
keluarga di rumah ya, karena shalat berjamaah pahalanya lebih besar yaitu 27
derajat.
Ngomong-ngomong
siapa yang semalam melakukan shalat tarawih?
Siapa
yang menjadi Imamnya? Oh iya, tentunya ayah, bukan?
Nah
sekarang waktunya ananda melaksanakan shalat dhuha, wudhu yang tertib dan
jangan lupa doakan kedua orangtua kita.
Bagaimana
doanya Nak? Betul “Rabbighfirliy wa liwaa-lidayya warham humaa kamaa
rabbayaaniy shaghiiraa“ artinya “Ya Allah, ampunilah aku dan kedua
orang tuaku, sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku di waktu
kecil.”
Alhamdulillah
kita sudah melaksanakan shalat dhuha. Umat muslim yang mengerjakan shalat
dhuha akan tercatat sebagai orang-orang yang ahli ibadah. Lakukan setiap
hari ya, Nak. Semangat!
Sekarang
kita tadarus yuk melafalkan surat Al-Lahab. Buka juz amma atau Al-Quran yang
kamu miliki di rumahmu ya.
2.
MENYAYANGI KEDUA ORANG TUA
Ahamdulillah
anak-anak sudah membaca doa untuk kedua orangtua ketika shalat dhuha,
mudah-mudahan anak-anak rutin membaca doa untuk kedua orangtua setiap selesai
shalat. Karena dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa salah satu amal yang tidak
akan pernah terputus pahalanya ialah do’a anak sholeh yang senantiasa
mendo’akan kedua orang tuanya.
Baiklah
anak-anak, sekarang kita nyanyikan lagu ayah ibu yang seperti video di bawah
ya !
MasyaAllah
dalam lagu tersebut betapa besar kasih sayang orangtua kepada anak-anaknya,
tanpa lelah merawat sedari kecil, memberikan kasih sayang, selalu mendoakan
anak-anaknya.
Maka
sudah sepatutnya kita sebagai anak harus menghormati dan mematuhi segala
nasihat dan perintah orang tua serta senantiasa berbuat baik kepada keduanya.
Hingga
kini, sudahkah ananda membalas kasih sayang mereka? Membalas jasa mereka?
menghormati mereka? mematuhi segala nasihat mereka?
Jawab
dalam hati kalian, tanamkan mulai hari ini bahwa kalian bisa menjadi anak baik
yang sholeh dan sholehah penyejuk hati kedua orangtua.
Ingat
Nak, ridhonya orangtua adalah ridhonya Allah.
Bapak/ibu
guru yakin anak sholeh dan sholehah pasti selalu berbakti dan senang membantu
orangtua, hari ini jangan lupa bantu orangtua menyiapkan makanan untuk
berbuka puasa ya! Bantu beres-beres juga setelah selesai, orangtua kalian pasti
bangga dan bahagia.
Tuliskan
di buku tulismu kegiatan yang kalian lakukan dalam membantu ibu atau ayah, ya!
No comments:
Post a Comment