Breaking News

MATERI HOME LEARNING KELAS 1, 4 MEI 2020


TEMA 8 
Peristiwa Alam

SUBTEMA 4 
Bencana Alam

PEMBELAJARAN 3&4
Bermain sambil Mengukur Suhu
Bagaimana dengan udara di tempatmu?
Samakah suhu udara yang kalian rasakan? Mengapa?
Edo lalu mencoba mengukur suhu.
Mengukur suhu dengan alat ukur tidak baku.
Edo memegang kursi di kelas dengan telapak tangan.
Kursi terasa dingin.
Edo lalu berjalan ke luar kelas.
Edo memegang batu di halaman sekolah.
Batu terasa panas.
Mari, berlatih mengukur suhu.
Carilah lima benda  yang ada di dalam rumah.
Kemudian, cari lima benda  yang ada di luar rumah.
Peganglah dengan telapak tanganmu.
Apa yang kamu rasakan? Coba bandingkan.
1.    Tulislah hasil latihanmu pada tabel berikut.
2.    Beri tanda (√) pada suhu yang sesuai.
No.
Nama Benda
Lokasi Benda
Suhu Panas
Suhu Dingin
1.
Kursi
Dalam rumah

2.
Batu
Halaman rumah

3.




4.




5.




6.




7.




8.




9.




10.





 
Mari Beraktivitas Air
Apabila terjadi banjir, air akan menggenangi jalanan.
Kaki sulit melangkah karena terasa berat.
Ayo, kita latihan berjalan di dalam air.
Selalu siap siaga apabila bencana datang.
Amati gambar berikut.

Senangnya beraktivitas di dalam air.
Latihan yang baik untuk menghadapi bencana.
Kini saatnya kembali ke kelas.
Bacalah percakapan berikut
 


Menulis Permintaan Tolong
Bencana alam dapat menimpa siapa pun.
Bencana alam dapat pula menimpa dirimu.
Saat menghadapi kesulitan, kamu perlu bantuan.
Mintalah tolong kepada temanmu.
Ungkapkan permintaanmu dengan kata yang santun.
Tulislah kalimat permintaan tolong dari kata-kata berikut!

1. Payung 
Pak, minta tolong ambilkan payung. Di luar sedang hujan deras. 

2. Air
.....................................................................................................

3. Banjir
.....................................................................................................

4. Longsor
.....................................................................................................

5. Bencana
.......................................................................................................

6. Sakit
.....................................................................................................




KEGIATAN RAMADHAN

1.    MELAFALKAN SURAT AL - LAHAB
Pendidikan DKI
Anak-anak sudah shalat subuh tadi? Alhamdulillah, laksanakan berjamaah dengan anggota keluarga di rumah ya, karena shalat berjamaah pahalanya lebih besar yaitu 27 derajat.

Ngomong-ngomong siapa yang semalam melakukan shalat tarawih?
Siapa yang menjadi Imamnya? Oh iya, tentunya ayah, bukan?

Nah sekarang waktunya ananda melaksanakan shalat dhuha, wudhu yang tertib dan jangan lupa doakan kedua orangtua kita.

Bagaimana doanya Nak? Betul “Rabbighfirliy wa liwaa-lidayya warham humaa kamaa rabbayaaniy shaghiiraa“ artinya “Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku di waktu kecil.” 

Alhamdulillah kita sudah melaksanakan shalat dhuha. Umat muslim yang mengerjakan shalat  dhuha akan tercatat sebagai orang-orang yang ahli ibadah. Lakukan setiap hari ya, Nak. Semangat!

Sekarang kita tadarus yuk melafalkan surat Al-Lahab. Buka juz amma atau Al-Quran yang kamu miliki di rumahmu ya. 


2.    MENYAYANGI KEDUA ORANG TUA

Ahamdulillah anak-anak sudah membaca doa untuk kedua orangtua ketika shalat dhuha, mudah-mudahan anak-anak rutin membaca doa untuk kedua orangtua setiap selesai shalat. Karena dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa salah satu amal yang tidak akan pernah terputus pahalanya ialah do’a anak sholeh yang senantiasa mendo’akan kedua orang tuanya.

Baiklah anak-anak,  sekarang kita nyanyikan lagu ayah ibu yang seperti video di bawah ya !
 


MasyaAllah dalam lagu tersebut betapa besar kasih sayang orangtua kepada anak-anaknya, tanpa lelah merawat sedari kecil, memberikan kasih sayang, selalu mendoakan anak-anaknya.

Maka sudah sepatutnya kita sebagai anak harus menghormati dan mematuhi segala nasihat dan perintah orang tua serta senantiasa berbuat baik kepada keduanya. 

Hingga kini, sudahkah ananda membalas kasih sayang mereka? Membalas jasa mereka? menghormati mereka? mematuhi segala nasihat mereka?

Jawab dalam hati kalian, tanamkan mulai hari ini bahwa kalian bisa menjadi anak baik yang sholeh dan sholehah penyejuk hati kedua orangtua.

Ingat Nak, ridhonya orangtua adalah ridhonya Allah.

Bapak/ibu guru yakin anak sholeh dan sholehah pasti selalu berbakti dan senang membantu orangtua, hari  ini jangan lupa bantu orangtua menyiapkan makanan untuk berbuka puasa ya! Bantu beres-beres juga setelah selesai, orangtua kalian pasti bangga dan bahagia.
Tuliskan di buku tulismu kegiatan yang kalian lakukan dalam membantu ibu atau ayah, ya!



No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates