Breaking News

MATERI HOME LEARNING KELAS 4, 13 MEI 2020


Materi kelas 4 Tema 9 Subtema 2 PB 4
·         PPKN
Negara Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam. Sumber daya alam yang ada di Indonesia mempengaruhi seluruh warga negara. Oleh karena itu, pemanfaatan sumber daya alam diatur didalam undang-undang. Sumber daya alam dikelola oleh negara agar dapat dimanfaatkan oleh seluruh warga negara.Setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada. Tetapi, setiap warga juga memili kewajiban utuk memanfaatkan sumber daya alam dengan bijak. Pemanfaatan yang bijak menyebabkan sumber daya alam tetap terjaga kelestariannya. Pemanfaatan dengan bijak dapat dilakukan jika kita menjalankan hak dan keajiban terhadap sumber daya alam secara seimbang.

1.      Kewajiban  terhadap Sumber Daya Alam
Menghemat pemakaian energi merupakan salah satu contoh car melestarikan sumber daya alam. Menghemat sumber daya alam tidak hanya berfungsi unyuk melestarikan saja. Tindakan ini juga bermanfaat untuk mengurangi resiko kerusakan lingkungan. Contohnya penggunaan bensin sebagai bahan bakar kedaraan bermotor. Asap kendraaan bermotor yang timbul menyebabkan pencemaran udara
Berikut contoh beberapa kewajiban lain terhadap sumber daya alam dalam kehidupan sehari -hari
a.      Mengurangi kegiatan yang banyak menghabiskan  smber daya alam
b.      Menggunakan tkonologi dan peralatan yanga raah ligkungan
c.       Menjaga dan melestarikan alam untuk menjaga ketersediaan sumber daya alam
d.      Melakukan reboisasi untuk mejaga ketrrsediaan sumber daya alam terutama air
e.      Menggunakan sumber energi alternative

2.      Hak Memanfaatkan Sumber Daya Alam
Hak untuk memanfaatkan sumber daya alam ini bisa dilaka=ukan secara langsung maupun tidak langsung. Contoh pemanfaat secara tidak langsung adalah hasil pertanian yaga dapat langsugdikinsumsi oleh masyarakat. Adapun pemafaatan tidak langsung artinya hasil darisumber daya ala tersebutharuslah diolah terlbih dahuluagar dapat dimafaatlan untuk kepeningam masyarakat contoh minak bumi. Dimana masyarakat hanyadapat memanfaatkan setelah diolah menjadi ahan bakar..

·         Bahasa Indonesia

Menggali informasi mengenai hak dan kewajiban terhadap SDA dengan wawancara
Semua orang memilikihak dan keajiban terhadap sumber daya alam. Hak dan keajiban yang dimiliki masingmasing orang tentu berbeda. Unuk mengetahui hak dan kewajiban orang lain terhadap sumber daya alam kita dapat melakuka wawancara.
 Kita dapat meminta orang tua, kakak, nenek, kakek atau orang lain di sekitar kita untuk menjadi nara sumber.pertanyaan mengenai pelaksanaan hak dan kewajiban terhadap sumber daya alam akan memiliki jawaban yang beragam. Setiap nara sumber telah melaksanakan hak dan kewajiban terhadap sumber daya alam sesuai dengan kegiatan mereka sehari-hari. Untuk medapatkan informasi dari nara sumber kita dapat melakukan awancara dengan menentukan  satu pertanyaan mengenai pelaksaaan hak dan kewajiban terhadap sumber daya alam pada beberapa nara sumber yang telah kita pilih sebelumnya.

Soal essay
1.      Sebutkan contoh prilaku yang mencerminkan perilaku bertanggung jawab dalam pemanfaatkan sumber daya alam!
2.      Lakukan wawancara dengan orang disekitarmu dan ajukan pertanyaan berikut,
“ apa akibatnya jika manusia tidak melaksanakan keajiabannya terhadap lingkungan alam?”
Ajukan pertanyaan diatas kepada beberapa naras umber dan buatlah laporan hasil wawancara dengan mengisi tabel berikut.

LAPORAN HASIL WAWANCARA

Nama :   …………………………………………………..
Pertanyaan  yang diajukan : ………………………………………………………….


No
Nama Narasumber
Jawaban













No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates