Breaking News

MATERI HOME LEARNING KELAS 4, 4 MEI 2020


MATEMATIKA STATISTIKA
Data adalah suatu keterangan yang diperlukan untuk memecahkan suatu masalah atau mengetahui gambaran mengenai suatu keadaan.
   A.      Pengumpulan data
Ada dua cara dalam mengumpulkan data, yaitu
v  secara langsung :  sebuah data yang secara langsung diperoleh dari objek penelitian. Pengumpulan data secara langsung biasanya dilakukan untuk data sederhana. Cara ini dapat dilakukan sendiri.
Contoh : mewawancarai teman sekelas untuk mengetahui jarak dari rumah ke sekolah, mengetahui ukuran sepatu, mengetahui tinggi badan, berat badan.
v  lembar isian : merupakan suatu teknik pengumpulan data secara tidak langsung di mana instrumen atau alat pengumpulan datanya berisi sejumlah pertanyaan yang harus dijawab atau direspon oleh responden.
Contoh : angket atau kuesioner

Tabel frekuensi Ekstrakurikuler favorit kelas IV
No.
Nama
Jenis Ekstrakurikuler
Pramuka
PMR
Basket
Futsal
1.





2.





3.





4.





5.





dst






Jumlah





   B.      Penyajian data
1.  Menyajikan Data dalam Bentuk Tabel
Suatu tabel yang memuat data disertai frekuensi (jumlah data) disebut tabel frekuensi.
Sebagai contoh:
Buah kesukaan Siswa Kelas IV adalah sebagai berikut:
1. Jeruk = 7 siswa
2. Mangga = 6 Siswa
3. Anggur = 4 Siswa
4. Apel = 3 siswa
5. Mangga = 5 siswa
Data di atas apabila disajikan dalam bentuk tabel akan menjadi seperti berikut:
                            Buah Kesukaan Siswa Kelas IV
No.
Nama Buah
Frekuensi
1.
Jeruk
7
2.
Mangga
6
3.
Anggur
4
4.
Apel
3
5.
Melon
5
Jumlah
25

2.  Menyajikan Data dalam Bentuk Diagram Batang
Diagram batang merupakan penyajian data dalam bentuk batang atau persegi panjang yang disertai dengan sumbu tegak dan sumbu datar.
Terdapat dua jenis diagram batang yaitu diagram batang tegak dan mendatar. 
Diagram batang tegak digambarkan secara tegak (vertikal), sedangkan diagram batang mendatar digambarkan secara mendatar (horizontal).
Setiap batang mewakili kategori data tertentu. Tinggi atau panjang batangnya merupakan frekuensi dari setiap kategori data.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyajikan data dalam bentuk diagram batang adalah sebagai berikut.
·        Sajikan data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi sebelum digambarkan diagram batangnya.
·        Gambar sumbu mendatar dan sumbu tegak yang berpotongan di satu titik pangkal.
·        Buat batang untuk masing-masing jenis kategori dengan lebar yang sama.
·        Jarak antar batang terdekat harus sama.
·        Tinggi atau panjang tiap batang harus sebanding dengan nilai data atau frekuensinya.
·        Semua batang harus digambar pada sumbu yang sama (jika diagram batang tegak digambar pada sumbu horizontal, jika diagram batang mendatar digambar pada sumbu vertikal).
·        Agar lebih jelas, diagram diberi judul dan setiap sumbu diberi keterangan nama. Misalnya pada diagram batang tegak jumlah penduduk beberapa kurun waktu, sumbu mendatar merupakan tahun dan sumbu tegak merupakan jumlah.

Sebagai contoh :
Buah kesukaan Siswa Kelas IV adalah sebagai berikut:
1. Jeruk = 7 siswa
2. Mangga = 6 Siswa
3. Anggur = 4 Siswa
4. Apel = 3 siswa
5. Pepaya = 5 siswa
Data di atas apabila disajikan dalam bentuk diagram batang akan menjadi seperti berikut:
Tugas!
1.    Kantin di sekolah menjual berbagai macam minuman kemasan. Banyak minuman yang terjual hari ini adalah; susu terjual 19 botol, air mineral terjual 24 botol, teh kotak terjual 14 botol, jus terjual 20 botol, dan es kopi terjual 16 botol.
a) Sajikan data tersebut ke dalam bentuk tabel frekuensi!
b) Buatlah diagram batang tentang data di atas!

2.   Berikut data pengunjung Taman Impian Jaya Ancol!
a)    Pada hari apa Taman Impian Jaya Ancol paling ramai pengunjung?
b)    Pada hari apa Taman Impian Jaya Ancol sepi pengunjung?
c)    Berapa banyak pengunjung pada hari Rabu?
d)    Berapa selisih pengunjung pada hari senin dan sabtu?
e)    Berapa banyak pengunjung selama seminggu?

3.    Berikut data jumlah buku di Perpustakaan SDN Gunung Sahari Selatan 01:
a)    Berapa jumlah buku pada tahun 2016?
b)    Berapa jumlah buku pada tahun 2017?
c)    Berapakah selisih jumlah buku pada tahun 2017 dan 2019?
d)    Berapakah selisih jumlah buku  pada tahun 2016 dan 2018?

4.    Berikut data nilai ulangan Matematika kelas 4.
75, 60, 80, 80, 85, 75, 70, 60, 90, 85, 100, 60, 80, 70, 65, 80, 85, 80, 90, 65, 75
a)    Berapakah nilai ulangan tertinggi yang diperoleh siswa kelas 4?
b)    Berapakah nilai ulangan terendah yang diperoleh siswa kelas 4?
c)    Berapa banyak siswa yang mendapat nilai 75?
d)    Berapa banyak siswa yang mendapat nilai 85?
e)    Jika nilai 70 ke bawah wajib ikut remidi. Ada berapa siswa yang ikut remidi?
f)     Ada berapa jumlah siswa kelas 4 yang ikut ulangan matematika?
g)    Urutlah data di atas dari yang paling kecil!

5.    Sebuah KUD berhasil mengekspor padi pada tahun 2014 sebanyak 450 Ton, tahun 2015 sebanyak 550 Ton, tahun 2016 sebanyak 600 Ton, tahun 2017 sebanyak 500 Ton, tahun 2018 sebanyak 650 Ton, tahun 2019 sebanyak 550 Ton.
a)     Sajikan data tersebut ke dalam bentuk tabel frekuensi!
b)     Buatlah diagram batang tentang data di atas!


Nb : kerjakan sesuai urutan nomor soal! Tulisan yang rapi!!



No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates