Breaking News

MATERI HOME LEARNING KELAS 4, 6 MEI 2020


MATERI PEMBELAJARAN
TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU
SUBTEMA 2 PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM di INDONESIA


Contoh pemanfaatan sumber daya energi dan perubahan energi (gas menjadi panas) bagi manusia adalah penggunaan gas LPG. Gas LPG yang diperoleh dari pengolahan dan penyaluran gas alam. Gas tersebut berubah menjadi energi panas sehingga dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memasak.Seperti yang telah kita ketahui, energi merupakan kemampuan suatu benda untuk melakukan usaha atau kerja. Energi pun dapat berubah bentuk menjadi energi yang lainnya.
Bangsa Indonesia adalah bangsa yang dikaruniai sumber daya alam yang sangat banyak dan beragam. Sumber daya alam Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke. Setiap daerah memiliki kekhasan sumber daya alamnya masing-masing.
Sumber daya alam dapat dibedakan menjadi dua. Sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Seperti telah dijelaskan pada pembelajaran sebelumnya, sumber daya alam yang dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali meskipun kita telah menggunakannya. Sumber daya alam ini tidak akan habis jika kita dapat mengelolanya dengan baik. Hasil pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan merupakan contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui.
Adapun sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang tidak dapat dihasilkan lagi setelah kita menggunakannya. Sumber daya ini memiliki jumlah yang terbatas. Minyak bumi, batu bara, gas, dan barang-barang tambang lainnya merupakan contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Oleh karena itu kita haruS mengelolanya dengan baik.
Di bawah ini tabel contoh-contoh jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.


Amatilah peta persebaran sumber daya alam berikut.


  Peta persebaran hasil tambang

 

 Kalian telah mengetahui kekayaan dan persebaran sumber daya alam.
Berdasarkan jenis bendanya, sumber daya alam dibagi menjadi 2 yaitu sumber daya hayati dan sumber daya nonhayati.

Sumber daya alam hayati dan non hayati adalah sumber daya alam yang bukan berupa makhuk hidup.
Sumber Daya Alam Sebagai Modal Pembangunan
Sumber daya alam yang kita miliki, baik hayati maupun nonhayati menjadi modal utama pembangunan. Selain dari pajak, modal utama pembangunan juga berasal dari penjualan sumber daya alam. Misalnya bahan-bahan tambang dan hasil pertanian yang dijual atau diekspor ke negara lain. Dari situlah kita mendapatkan uang untuk membiayai pembangunan.
Banyak sekali sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi. Beberapa yang dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi misalnya, hasil pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, pertambangan, dan lain-lain.
Salah satu sumber daya alam yang kita miliki berupa kelapa sawit. Kelapa sawit dapat dimanfaatkan untuk membuat minyak goreng, margarin, dan bahan baku sabun. Pemanfaatan kelapa sawit menjadi beberapa produk tersebut merupakan usaha pemanfaatan sumber daya alam untuk kegiatan ekonomi. Masih banyak contoh lain tentang pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi.

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates