Breaking News

MATERI HOME LEARNING KELAS 6, 23 JULI 2020


MENGENAL KARYA SENI PATUNG

Karya seni rupa terdiri atas karya seni dua dimensi dan tiga dimensi. Contoh karya seni dua dimensi yaitu lukisan dan batik. Contoh karya seni tiga dimensi adalah patung. Patung dikatakan karya seni tiga dimensi karena memiliki panjang, lebar, dan tinggi serta dapat dilihat dari segala arah. Patung adalah karya seni tiga dimensi yang meniru bentuk manusia, hewan, tumbuhan, ataupun benda yang dibuat menggunakan teknik tertentu. Seni patung juga diartikan sebagai seni bentuk karena bentuk-bentik patung yang memiliki keindahan.
Ada beberapa fungsi patung, diantaranya sebagai berikut:
  1. Patung religi, sebagai sarana untuk beribadah dan bermakna religius
  2. Patung monumen, untuk mengenang jasa pahlawan atau peristiwa bersejarah suatu bangsa
  3. Patung arsitektur, berfungsi sebagai pelengkap konstruksi bangunan
  4. Patung dekorasi, sebagai penghias bangunan, taman, atau tempat lainnya.
  5. Patung seni, hanya untuk dinikmati keindahan bentuknya


Sementara itu, berdasarkan bentuknya patung dibagi menjadi dua jenis yaitu:
  1. Bentuk figuratif, yaitu bentuk patung yang realis, seperti bentuk alam yang meliputi bentuk manusia, hewan, dan tumbuhan. Patung ini nyata dalam perwujudannya.
  2. Bentuk nonfiguratif, yaitu bentuk patung yang terlepas dari bentuk alam atau bentuknya abstrak, seperti menampilkan bentuk garis, lengkungan, bulat, atau memanjang.
 

ALAT DAN BAHAN PEMBUATAN 
KARYA SENI PATUNG

1)        Bahan lunak
Bahan lunak adalah bahan yang empuk dan mudah dibentuk. Contohnya tanah liat (kaolin), lilin, sabun, dan plastisin. Setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangan.
Tanah liat yang baik untuk bahan patung harus bersih dari kerikil, rumput, dan benda lainnya serta tidak terlalu lembek atau tidak terlalu keras. Patung dari tanah liat memerlukan proses pengeringan yang relatih lama. Akan tetapi patung tanah liat lebih mudah dibentuk sesuai keinginan pembuatnya.
Alat yang digunakan untuk bahan membuat patung dari bahan lunak antara lain:

2)        Bahan keras
Bahan keras adalah bahan yang bersifat keras dan lebih sulit untuk dibentuk serta memerlukan teknik-teknik tertentu untuk membuatnya. Contohnya batu, kayu jati, dan marmer. Akan tetapi patung yang dibuat dengan bahan keras tidak  perlu dikeringkan seperti patung yang dibuat dari bahan lunak.
Alat yang digunakan untuk bahan membuat patung dari bahan keras antara lain:

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates