Breaking News

MATERI HOME LEARNING KELAS 6, 6 AGUSTUS 2020

Pengertian, Ciri, Tujuan, dan Cara 
Membuat Poster

Pengertian Poster
Secara sederhana, poster merupakan suatu gambar dengan tulisan untuk melakukan kegiatan yang dikehendaki. 
Poster yang juga disebut “plakat” merupakan merupakan karya seni atau juga desain grafis komposisi gambar dan huruf di atas kertas, ada yang berukuran besar atau kecil. 
Poster dapat ditempelkan pada dinding atau permukaan datar lainnya yang tujuannya mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karena itu maka poster sebaiknya dibuat dengan warna-warna menonjol, kontras dan kuat.
Seiring kemajuan tekhnologi, poster sekarang tidak hanya di atas kertas tapi bisa berupa file gambar yang dapat disebar di media-media sosial. Hal ini dikarenakan media sosial merupakan tempat umum yang strategis agar banyak orang mengetahuinya.

Ciri-ciri Poster
1) Memuat komposisi yang terdiri dari gambar dan huruf di atas media kertas atau kain yang berukuran besar.
2) Dibuat dengan perpaduan warna yang kuat dan kontras.
3) Menggunakan bahasa yang singkat, jelas, tidak rancu agar mudah dipahami.
4) Ditempel pada dinding atau permukaan datar lainnya pada tempat umum yang dapat menjadi perhatian orang sebanyak-banyaknya.
5) Dapat dibaca secara sambil lalu.

Syarat Poster
1) Dibuat mencolok dan sesuai dengan ide yang akan disampaikan
2) Dikombinasikan dengan tulisan.
3) Mampu menarik minat khalayak.
4) Menggunakan bahasa yang mudah dipahami, singkat, padat, jelas dan berisi.
5) Jenis huruf dan ukurannya mudah dibaca.
6) Mempergunakan bahan yang tidak mudah rusak atau sobek.
7) Ukurannya disesuaikan dengan tempat pemasangan serta target pembaca.

Tujuan Poster
Memberitahukan, menghimbau, mengingatkan dan mengarahkan pembaca atau penglihat untuk melakukan sesuatu, bisa berupa ajakan atau larangan. Contohnya supaya masyarakat peduli dengan tanaman atau supaya orang-orang jangan membuang sampah di sungai.

Jenis Poster (berdasarkan isinya)
1) Poster Pendidikan adalah berisikan tentang pendidikan.
2) Poster Layanan Masyarakat adalah poster yang berisikan pelayanan masyarakat, bisa berhubungan dengan kesejahteraan atau kesehatan masyarakat.
3) Poster Niaga adalah poster yang berisikan urusan perniagaan atau perdagangan untuk menawarkan suatu barang atau jasa.
4) Poster Kegiatan adalah poster yang berisi ajakan atau larangan tentang suatu kegiatan, seperti kegiatan gerak jalan, senam pagi, dll.

Cara Membuat Poster yang Menarik
Semakin kreatif seseorang maka akan membuat sebuah karya yang menarik, begitu juga dengan membuat poster. Berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam membuat poster, selebihnya adalah kreatifitas si pembuat.
1) Menentukan topik dan tujuan.
Sebelum poster, tentukan apa yang ingin disampaikan dalam poster. Misalnya, ajakan untuk menghemat air. Maka topiknya harus berhubungan dengan penghematan air. Jangan sampai poster yang dibuat melenceng dari topik dan tujuan.
2) Komposisi poster
Supaya poster dapat semaksimal mungkin mencapai tujuannya, maka komposisi poster antara gambar dan tulisan harus sesuai. Maka kita harus mencari tahu dan mengenal lebih banyak mengenai layout, gambar dan kata-kata yang singkat, jelas, padat, berisi dan tepat sasaran. Antara gambar dan tulisan kedua-duanya sedapat mungkin mensugesti orang yang melihat poster tersebut.
3) Menentukan bahan, media dan ukuran
Bahan, media dan ukuran disesuaikan dengan tempat kemana poster itu diaplikasikan. Apabila dibawah panas terik matahari dan terkena hujan makan bahan dan media haruslah yang tahan terhadap kondisi tersebut

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates